Monday, April 14, 2008

Pilkada Jabar: Agum, Sudahlah!

Pilkada untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat dimenangkan oleh pasangan Heryawan dan Dede Yusuf (Hade). Kekalahan terjadi pada pasangan dukungan Golkar, Dani-Iwan, dan menunjukkan berkali-kali Agum Gumelar gagal dalam berbagai ranah kompetisi politik di berbagai level seperti yang diberitakan di sini.

Agum yang sebelumnya pernah mencalonkan sebagai wakil presiden dipasangkan bersama Hamzah Haz pada Pemilu 2004 mengalami kegagalan. Selanjutnya, pengusungan Agum untuk Gubernur DKI Jakarta pun mengalami kegagalan pula, bahkan sebagai calon yang running dalam Pilkada DKI Jakarta pun tidak. Dan sekarang, ketika berhasil dinobatkan sebagai calon Gubernur Jabar ternyata berujung pada tidak ketidaksuksesan mendulang suara, dengan bercokol pada urutan nomor dua di mata rakyat Jabar.

Okey Pak Agum, selanjutnya wilayah kompetisi politik mana lagi yang Anda coba lagi? Walikota atau mungkin Bupati? Atau kejadian ini menyiratkan, sudahlah cukup Pak Agum, kompetisi politik ini kita akhiri saja, masih banyak ruang aktualisasi lain untuk mengabdi pada rakyat. Tidak usah berdebat lagi seperti di sini dan di sini.

No comments: