Thursday, April 3, 2008

Masukan untuk HUT Badan Otonom Economica FEUI Ke-30

Badan Otonom Economica FEUI akan merayakan ulang tahun yang ke-30.
Mungkin ada beberapa masukan dari saya untuk acara ini.

Tempat:
Enaknya bikin acaranya di tempat yang bagus dan strategis, memang cocoknya di hotel. Perlu adanya observasi untuk mencari tempat ini, biasanya ada paket yang murah, sekalian bisa cari dengan paket makanannya.
Saya dan teman-teman dulu sewaktu mahasiswa saja bisa bikin acara di Hotel, kalo ngga mau ya kita pinjem ruangan kayak di Antam, Bidakara, atau apapun, yang penting tidak menurunkan ekspektasi almuni yang akan sebuah acara yang signifikan dan meriah.
Tempat kalo mau murah bisa cari wisma-wisma saja. Kalau perlu pake link almuni yang kerja di Bank. Biasanya bank-bank itu punya wisma atau mess. Atau juga bisa di wisma atau ruangan di departemen atau lembaga pemerintahan yang lain
Selama ada niat, pasti ada jalan....Kan almuni BOE banyak yang menduduki posisi-posisi strategis.

Makanan:
Soal makan, kalau mau murah...panggil aja tukang bakso, tukang somay, tukang sate padang, tukang es cendol. suruh bawa gerobak ke tempat acaranya. Ganting piring dan gelasnya pake piring kertas dan gelas pelastik. Kue-kue bisa mampir ke pasar kue subuh-subuh. Pasti bakalan lebih murah. Toh yang penting kebersamaannya.

Acara:
1. Sebaiknya ada acara award untuk almuni BOE yangg sukses di kancah ekonomi, sosial, politik. Ini penting, bagaimanapun juga mereka pernah jadi bagian BOE sebagai tempat mereka menempa skill, leadership, dan berorganisasi.
2. Ada semacam buku booklet sederhana yang menggambarkan sejarah singkat BOE dan keadaan BOE skarang. (Penting nih buat yang generasi muda BOE untuk nambah link dan cari dana plus isinya tentang persiapan dana pensiun Mas Karnoe).
3. Ada acara hiburan kecil-kecilan, ini bisa dari anak-anak BOE sekarag untuk menyiapkannya, siapa tahu ada senior yg mau nyumbang lagu. (Organ tunggal juga okey, setau saya ada banyak anak BOE yang bisa main musik, ada anak Kuksa/Posa yang juga anak BOE biasanya kan bisa maen gitar atau keyboard).
4. Ada acara pengumpulan dana Mas Karnoe (versi on the spot). Terus terang versi on the spot ini lebih cepat kalau mau cari duit. Saya sewaktu di senat dalam semalam bisa dapat Rp2 juta di acara buka puasa ILUNI FEUI di hotel Sahid, padahal cuma menjual pin yang saya hargain satunya Rp50 ribu. Dananya waktu itu full untuk kegiatan sosial bernama FEUI Care.
5. Kalo mau mengadakan seminar, lebih baik acaranya lebih bersifat santai, bisa diskusi mengenai kancah BOE dari almuni-alumninya. Kita bisa bagi per-angkatan, 70an, 80an, 90an, 2000an, dan juga generasi paling terakhir. Plus cerita-cerita dari Mas Karnoe sebagai penghubung antar generasi di BOE.
6. Penting banget memastikan alumni-alumni yang punya nama besar untuk hadir, ini bisa jadi daya tarik tersendiri. Undang mereka jadi keynote speaker, kalo bisa juga undang Dekan sekalian untuk beri sambutan. Ini bisa jadi cara menunjukan kelas acara ini yang "signifikan dan meriah".
7. Pastikan produk-produk BOE yang ada dari dulu sampai sekarang ter-display dengan baik. Pasti bakal ada yang mau beli produk BOE sekarang dengan embel-embel nostalgia ketika mereka masih jado anggota BOE.
8. Ini bisa dimanfaatkan juga buat Launching bukunya Jagat, “Apa dan Siapa Alumni FEUI” kerjasama dengan LP3ES. Ini moment yang "aji mumpung" jadi tidak usah keluar dana lagi untuk membuat acara khusus launching bukunya Jagat. Menurut saya, sayang banget kalo bukunya Jagat tidak di-launching melalui sebuah acara khusus. (Tapi kalau mau patungan dana launching di acara ini bisa juga diomongin selanjutnya)

Pencarian Dana untuk Acara:
Kalau mau minta dana, sebaiknya jangan cuma modal proposal doank.
Jual agenda UI, atau dipaket dengan produk lain, mark up harganya berapa kali lipat, bilang selisih dana buat sumbangan acara ulang tahun BOE yang ke-30, sekalian diselipkan undangan dan bukti partisipasi sumbangan dana untuk acaranya, dan tawarkan juga siapa tahu ada yang mau menyumbang lebih. Juga tawarkan untuk sumbangan pensiunan Mas Karnoe. Jangan lupa jelaskan siapa Mas Karnoe dan sampai sejauhmana keadaannya sekarang (kalau yg ini bisa saja di-keep dulu, sebenarnya pengumpulan dana pensiun Mas Karnoe bisa sewaktu acara nanti, takutnya alumni di awal udah gerah duluan ketika disodorin sumbangan sana-sini).

Output dari acara ini (saya harapkan), makin eratnya link sesama alumni BOE, adanya tawaran kerjasama menarik untuk BOE saat ini, dan dana persiapan pensiunan Mas Karnoe yang meningkat secara signifikan.

Semoga masukan-masukannya berguna.

2 comments:

Anonymous said...

tapi kemaren alumni2nya lagi ga mau keluarin sumbangan untuk kita kak, pas diteleponin...
:(
terus respon alumni yang terlihat kurang antusias, jadi kita pikir seadanya aja

Anonymous said...

Genial post and this mail helped me alot in my college assignement. Thanks you on your information.