Friday, April 18, 2008

Wajah Aksi Demo Mahasiswa UI Sekarang

Inilah wajah demonstrasi mahasiswa UI saat ini.
Gambar ini dikutip dari Jakarta Post di sini yang memberitakan aksi BEM UI di Istana Negara (17/4/2008) dengan tuntutan seputar Krisis Pangan yang terjadi di Indonesia.

Sekedar pertanyaan gak penting nih:
Kenapa aksi mahasiswa UI identik dengan banyaknya mayoritas (mungkin semua) mahasiswi berjilbab?
Kenapa juga banyak yang ikut demo selalu dari mahasiswa fakultas eksak (MIPA, Teknik, FKM, etc), dan mengapa jarang dari fakultas sosial (FE, FISIP, FH, FIB, etc) ikut demo?
Kenapa juga bakal jarang kita lihat generasi penerus Soe Hok Gie yang ikut demo?
Kenapa juga kita jarang lihat anak-anak dengan dandanan anak gaul jaman sekarang ikutan demo?
Lalu demo mahasiswa UI itu mewakili siapa?
Demo mahasiswa UI suara milik siapa?
Dan pertanyaan terakhir, maunya apa?

He3..sekedar intermezzo aja sih, kalo mau ada yang jawab syukur, kalo ga mau jawab juga ga apa-apa.

8 comments:

azia said...

kak gaffar..klo yang china sih sekarang ada yang ikut demo...tuh si armand...ketua BOE skrg...mantan anak pusgerak BEM tahun kmrn

Gaffari said...

Hooo...okeylah kalo gitu...

Bukannya gw mau ngomong yang aneh2....

Abis kadang suka ketuker liat demo mahasiswa UI sm demo2 serupa (apa tuh?). Tebak2 aja sndiri..

air-makara said...

keberatan...
gw nangkep pesen implisit lo var..
but let me tell you something
gw turun di demo kemaren
dan populasi wanita tak berjilbab juga banyak kok. terutama yang dari salemba..
so u gonna b wrong if u think UI's demonstration is dominated by a kind of people
lagian mahasiswa resisten kok kalo dikendaliin "sesuatu" di luar...

Gaffari said...

To air-makara (a.k.a Alkautsar) :
Thank you for your correction...

Okey bolehlah resisten kalo dikendaliin sesuatu di "luar."

Tapi semoga tujuannya mudah-mudahan lurus...

Bukan cari "gebetan" di fakultas seberang..Huahahaha....

-astri- said...

soal banyaknya mahasiswi berjilbab yang kritis soal masalah" begini, saya kok juga menemukan fenomena yang sama di kampus saya ya?
kalau boleh nanya, sebenernya kenapa bisa kayak gitu ya kak?

klo yang model anak gaul sih udah pasti lagi gaul entah dimana mas... ;p

Bagus Arya Wirapati said...

Pertanyaan lw menarik, bozz!

Termasuk untuk bozz kautsar, mantan ketua senat gw yang terhormat selama gw menjabat, gw rasa mahasiswa emang resisten jika digerakkan sesuatu dari luar.

Tapi, apakah mereka tau kalo mereka digerakkan sesuatu dari luar?

Gw rasa blm tentu mahasiswa yg yg tidak menjabat sebagai petinggi tahu kalo mereka dikandalikan. Bukannya gw mo bilang klo ada kongkalikong di jejeran petinggi ya...

Tapi gw rasa ada motor penggerak di belakang semua ini yg tau segalanya. Dan qta gak boleh naif dengan hal ini. Justru kita harus resisten dengan hal seperti ini.

Klo salah mohon dikoreksi.

Smile Eternally,
Wirapati...

menoedh said...

mahasiswa ko milih demo daripada belajar di kelas dan tambah pinter biar suatu saat dirinya sendiri yang membuat perubahan dengan menjadi orang yang hebat bagi bangsa dan negara? Itu pertanyaan gue.

Gue mah ngga mau diwakilin sama sekumpulan orang "kurang pintar" yang cuma bisa teriak-teriak menghina orang tapi ngga lulus-lulus kuliah. belum tentu juga kalo mereka yang dikasih tanggung jawab ngurus negara, bersih suci. cuih

salam dari F.Psi UI angkatan 03

the yellow jacket said...

wah lagi iseng cari tentang aksi mahasiswa UI, nemu tulisan ini dan kaget pas baca comment nya.
hm apalagi yg terakhir, keluar dari anak UI sendiri. kecewa, iya banget. karena seharusnya sebagai orang yang mengenyam pendidikan di UI, universitas negeri, yg sebagian biaya kuliahnya dibiayai rakyat, seharusnya sadar bahwa sudah menjadi tugas mahasiswa lah untuk membela kepentingan rakyat. dalam hal ini misalnya memperjuangkan apa yang seharusnya rakyat punya. dan mungkin untuk informasi, AKSI PERGERAKAN MAHASISWA tidak selalu berupa demo. demo adalah pilihan terakhir, ketika forum diskusi dengan pemerintah atau forum kajian tidak bisa ditempuh lagi.
jadi menurut saya, salah banget kalo mahasiswa cuma duduk belajar di kampus hanya untuk dapat nilai A tp ngga bs menjalankan perannya sebagai MAHASISWA. klo belajar doang sih SISWA SMA kalii :)


HIDUP MAHASISWA!
-UI '07