Monday, August 22, 2011

Konsumsi, Gairah Yang Tidak Ada Habisnya

Foto-foto di atas gue ambil pas lagi ikutan ngantri beli iPad 2 di Plaza Indonesia sekitar awal Juli 2011. Fenomena ini menjadi hal yang lumrah mengisi wajah kehidupan kaum urban, khususnya di kota-kota besar.

Indonesia seringkali saat ini dikatakan sedang kelimpahan bonus demografi. Ya, gemuknya jumlah penduduk di usia produktif, memiliki penghasilan lebih dari cukup, dan lebarnya piramida penduduk kelas menengah.

Kaum kelas menengah ini menjadi sasaran yang menggiurkan bagi penetrasi consumer goods hingga produk-produk elektronik. Konsumsi bagaikan keyakinan dalam sebuah agama baru yang tak memerlukan pemimpin umat. Semangat itu lahir dari gairah pemenuhan hasrat konsumsi yang mengalir dalam darah manusia dan seakan tak pernah terpuaskan.

Semangat itu pula yang mendorong seseorang rela tetap membelalakkan mata demi sebuah Mid-Nite Sale. Seakan-akan alam semesta memberikan energi untuk memilih dengan jeli segala produk diskon. Antri berjam-jam bukan persoalan berat, kalaupun perlu mereka bisa memburu barang-barang label diskon sambil merangkak dari mall satu ke mall lainnya.

Begitulah sebagian wajah Indonesia saat ini, konsumsi, kegiatan ekonomi yang membuat negeri ini masih mampu tumbuh tinggi di tengah sengkarutnya ranah ekonomi global. Pertanyaan selanjutnya, kapan investasinya? Kok konsumsi terus?
Published with Blogger-droid v1.7.4

No comments: